Tempat Wisata Pura Tirta Empul Bali

Tempat Wisata Pemandian Pura Tirta Empul Bali

Pura Tirta Empul – Di Bali ada sebuah tempat pemandian suci yang terdapat di Gianyar yang bernama Pura Tirta Empul. Pura Tirta Empul ini karena memiliki sumber air yang sampai saat dijadikan sebagai air suci oleh masyarakat Bali sehingga para wisatawan juga tertarik untuk mandi di tempat ini. Selain itu  Pura Tirta Empul ini juga dijadikan tempat sembahyang bagi umat hindu. Di dalamnya juga ada pancuran air suci yang dipercaya sebagai tempat menyucikan tubuh.

Dan ini seklumit sejarah mengenai “Pura Tirta Empul” Diceritakan bahwa Raja Mayadenawa bersikap sewenang–wenang. Dan tidak mengijinkan rakyat untuk melaksanakan upacara-upacara keagamaan untuk mohon keselamatan dari Tuhan Yang Maha Esa. Setelah perbuatan itu diketahui oleh Para Dewa, maka para dewa yang dikepalai oleh Bhatara Indra menyerang Mayadenawa. Mayadenawa kalah dan melarikan diri hingga di sebelah Utara Desa Tampak siring. Dengan kesaktiannya ia menciptakan sebuah mata air beracun mengakibatkan laskar Bhatara Indra yang mengejarnya gugur akibat minum air tersebut. Melihat hal ini Bhatara Indra segera menancapkan tombaknya dan “air keluar dari tanah” (Tirta Empul). Air Suci ini dipakai memerciki para Dewa sehingga tidak beberapa lama bisa hidup lagi seperti sedia kala.

pura tirta empul

Untuk lokasi objek wisata itu sendiri terdapat di desa manukaya Kec. tampaksiring, Kab. Gianyar, Bali. Nama Pura Tirta Empul ini diambil dari nama mata air yang ada di pura yang bernama Tirta Empul. Pura Tirta Empul juga memiliki arti air suci yang keluar dari tanah. Pura Tirta Empul merupakan situs peninggalan sejarah yang ada di Bali.

Arsitektur Tempat Wisata

Pura Tirta Empul memilik 3 bagian yaitu nista mandala pada bagian luarnya, madya mandala pada bagian tengahnya. Pada bagian tengah ada 2 buah kolam air berbentuk persegi panjang. Pada sisi kolam ada juga sebuah pancuran air yang memiliki bentuk cangkang keong sebanyak 30 buah yang bersejajar dari barat ke timur. Masih-masing pancuran tersebut memiliki fungsi yang berbeda seperti pancuran racun, pancuran cetik, pancuran sudamala, pancuran pembersihan dan masih banyak lagi. Tidak hanya umat hindu Bali yang bisa mandi disini, masyarakat umum bisa diperbolehkan ikut prosesi melukat di Pura Tirta Empul. Tetapi dengan syarat harus menngunakan kamen atau sarung adat khas bali yang di kenakan oleh umat hindu Bali pada saat sembahyang.

Untuk rute pura tersebut sendiri jika anda berangkat dari airport Ngurah Rai Denpasar, maka anda perlu waktu satu jam lima belas menit, untuk ke tempat wisata di Ubud ini dengan mobil. Tampak Siring lebih dikenal dikalangan wisatawan sebagai sebuah pura yang bernama Tirta Empul. Untuk jalur pariwisata di Bali, Tampak Siring digunakan sebagai jalur persinggahan wisatawan yang telah berkunjung ke daerah objek wisata Ubud, seperti objek wisata sawah terasering Tegalalang, atau wisatawan yang telah datang dari tempat wisata Kintamani, menuju ke kawasan tempat wisata di Bali selatan.

Tentunya saat anda berkeinginan berwisata ke pura Tirta Empul, pastinya akan memerlukan sarana transfortasi. dan pada saat ini di Bali belum ada sarana transfortasi umum, dari tempat wisata Bali selatan menuju ke kawasan wisata pura ini, tapi anda tidak perlu khawatir dengan permasalahan itu Santika Bali Rental akan menjawab permasalahan anda, dengan menggunkan jasa sewa mobil kami dengan supir tempat wisata yang anda ingin singgahi bisa teratasi. Tunggu apalagi segera rencanakan liburan ke Pura Tirta Empul bersama kami.

One comment

Tinggalkan Balasan

Note: Comments on the web site reflect the views of their authors, and not necessarily the views of the bookyourtravel internet portal. Requested to refrain from insults, swearing and vulgar expression. We reserve the right to delete any comment without notice explanations.

Your email address will not be published. Required fields are signed with *

*
*